Navigation

Menjadi Remaja Kristen Yang Berkarakter

Bagaimana gambaran hidup seorang Remaja dan orang muda yang tepat bila ingin digambarkan dalam peristiwa-peristiwa di Alkitab, tentulah sangat sulit dan sedikit sekali disinggung.

Remaja dan pemuda/i adalah suatu fase kehidupan yang begitu unik, begitu indah namun sekaligus membingungkan dan berbahaya. Keingintahuan yang besar, merasa merdeka dan bebas, lepas dari pengawasan ketat orangtua, namun masih tergantung dan dipelihara secara financial oleh orangtua.

Remaja ibarat persimpangan jalan, akan menjadi baik atau tidak sangat bergantung pada pilihan-pilihan yang diambil. Disisi lain, kemampuan untuk mengambil keputusan masih sangat rendah.

Bagi Remaja atau pemuda/i Kristen dikota-kota besar seperti Jakarta, situasi ini semakin sulit karena banyaknya tawaran dan mudahnya akses keberbagai pilihan hidup. Kewaspadaan dan dukungan didikan serta komunikasi dikeluarga sangat dibutuhkan agar tidak terperosok kepada pilihan yang salah.

Mari Belajar dari Kesalahan Hawa dan Adam Untuk membahas dan mendiskusikan situasi ini, saya ingin mengajak kita semua belajar dari situasi dimana Hawa dan Adam diawal-awal kehidupan mereka setelah melewati fase penciptaan dan lepas dari pengawasan Tuhan secara langsung. Fase yang identik dengan situasi masa Remaja dan pemuda/i. Fase dimana mereka yang mengawasi dan memilih apa yang terbaik bagi diri mereka.

Fase itu adalah fase menghadapi godaan dan tawaran dunia serta Iblis sang pemberontak. Situasi yang ditulis di Alkitab pada Kejadian 3:1 -24 "Manusia jatuh kedalam dosa". Peristiwa di Kejadian 3: 1-24 merupakan peristiwa dimana si Iblis berdialog langsung dengan Hawa, peristiwa dimana si Iblis berusaha memperdayai Hawa yang masih sangat muda, dan dalam keadaan "sendirian".

Godaannya diawali dengan pemutarbalikan Firman Tuhan dengan nada bertanya dan memancing. "tentulah Allah berfirman, semua pohon dalam taman ini jangan kamu makan buahnya bukan? (Kej 3:1).

Ini adalah tipu daya yang pertama dan yang paling pas untuk dilakukan kepada remaja atau poemuda/I kristen sampai saat ini, menanyakan dan meragukan suatu firman Tuhan dengan menyatakan suatu kebalikan, yang akan memancing reaksi spontan sekaligus keingintahuan.

Bentuk lainnya dijaman sekarang "Bukankah Pendeta, Pembina remaja, orangtuamu berkata semua pesta-pesta, narkoba, ngedugem, minum minuman keras, main kartu dan lain-lain, tidak boleh kamu lakukan?" Pertanyaan, namun sekaligus berisi ajakan untuk meragukan otoritas Allah, ajakan untuk ingin tahu dan berontak. Memutar balikkan atau menyamarkan suatu larangan, dengan cara yang sangat halus namun penuh
jebakan. Hawa sebagai symbol Remaja dan pemuda/i Kristen yang belum berpengalaman, terpancing oleh pertanyaan yang menjebak dari Iblis itu, bahkan mendorong kejebakan lebih lanjut tanpa disadarinya oleh kecerobohannya sendiri.

"Buah pohon-pohonan dalam taman ini boleh kami makan, tetapi tentang buah pohon yang ada ditengah-tengah taman, Allah berfirman: Jangan kamu makan ataupun "raba" buah itu, nanti kamu mati. Hawa mencoba membesar-besarkan, melebih-lebihkan firman Allah dengan menambahkan "ataupun raba buah itu".

Pikiran-pikiran seorang remaja dan pemuda/i Kristen yang belum berpengalaman sering terjebak pada "melebih-lebihkan sesuatu yang tidak perlu", yang malah kemudian akan menyeretnya kedalam malapetaka. Firman Tuhan yang sederhana dan jelas jangan ditambah atau dikurangi, bahaya besar akibatnya.

Selanjutnya iblis mempunyai senjata untuk menggodai Hawa untuk berani mencoba apa yang dilarang Tuhan, berani berontak pada nasihat Tuhan, dengan tawaran suatu pengalaman dan status yang kelihatannya lebih hebat dan menarik bila kita mau melakukannya. Tetapi ular itu berkata kepada perempuan itu :"Sekali-sekali kamu tidak akan mati, tetapi Allah mengetahui bahwa pada waktu kamu memakannya matamu akan terbuka, dan kamu akan menjadi seperti Allah, tahu tentang apa yang baik dan jahat. (Kej.3:4,5)

Godaan-godaan menjadi lebih hebat, lebih tahu, lebih jantan, lebih berani, lebih nikmat merupakan godaan-godaan yang selalu berhasil bila ditawarkan kepada remaja atau pemuda/I Kristen. Godaan seperti "bagaimana kamu bisa tahu kalau belum pernah mengalaminya?", atau "coba dulu, nanti kalau nggak suka yah nggak usah diteruskan", atau "nggak apa-apalah, nggak ada yang tahu ini, kapan lagi" dan seterusnya.

Mereka yang tidak kuat dan tidak percaya kepada Firman Tuhan secara sederhana akan sangat mudah ditipu oleh Iblis baik melalui teman, tontonan, atau barang dan kegiatan-kegiatan yang kelihatannya memberi
kenikmatan bagi pelakunya. Sama seperti Hawa dan Adam, setelah mencobanya dan berdosa, mereka tidak bisa meninggalkannya dan kembali kepada situasi sebelumnya.

Kumpul-kumpul, main kartu, berpesta, main game tidak dilarang oleh Tuhan. Mabuk-mabukan, kehilangan kesadaran diri, ketergantungan obat, ketagihan bermain sampai lupa tanggungjawab dan waktu, dan judi yang dilarang oleh Tuhan. Nonton film, browsing di Internet, semua boleh ditonton dan dibuka. Hanya film dan situs yang bisa membawa kita kedalam dosa seksual serta pengajaran yang menyimpang dari Firman Tuhan yang dilarang.

Karena "sekali kamu memakannya kamu akan mati", terjerat didalam pengaruh dosa yang menjerat dan mematikan kehidupan rohani, serta memutuskan hubungan yang baik dengan Tuhan, dengan orangtua dan saudara-saudara kita seiman.

Perempuan itu melihat, bahwa buah pohon itu baik untuk dimakan dan sedap kelihatannya, lagipula pohon itu menarik hati karena memberipengertian. Lalu….(Kej.3:6)

Hai remaja dan pemuda/i Kristen, belajarlah dari pengalaman Hawa dan Adam. Ada beberapa hal yang bisa digunakan dalam menjalani hidup dimasa remaja dan masa mudamu, agar hidupmu diberkati oleh Tuhan dan
menjadi berharga dan teladan bagi lingkunganmu. 

Menjadi Remaja Kristen Yang Berkarakter.
1.Percayalah pada Tuhan dan Firman Tuhan apa adanya. Jangan ditambahi atau dikurangi, jangan ragukan kebenarannya dan gunakan sebagai perisai menghadapi segala godaan dan menguji segala tawaran-tawaran
yang kelihatannya dan kedengarannya sedap dan nikmat untuk dilakukan.

2.Dengarlah dan percaya pada kesaksian hidup hamba Tuhan yang pernah terjebak dalam dosa namun sudah bertobat. Buang keingintahuan untuk mengalaminya sendiri. Seperti halnya kesaksian hidup Adam dan Hawa Menjadi Remaja Kristen Yang Berkarakter yang hidup melanggar perintah Tuhan.

3.Jangan mau dan mudah terjebak dengan bujuk rayu yang manis dari teman atau siapa saja yang mengajakmu untuk mencoba melakukan sesuatu yang katanya nikmat, namun bertentangan dengan Firman Tuhan.

4.Hindari kesendirian, bersekutulah dengan saudara seiman, bergaullah dengan sesama anak-anak Tuhan, agar tidak mudah engkau diperdaya oleh si Iblis.

5.Solidaritas dalam kebenaran bagus sekali, namun kalau solidaritas dalam dosa seperti yang dilakukan Adam, yang ikut memakan buah itu bukanlah solidaritas yang positif.

6.Bertanggungjawablah atas suatu kesalahan yang kita lakukan, jangan menyalahkan orang lain. Ini awal dari pertobatan dan perubahan serta kedewasaan. Berubahlah selama masih bisa dan ada kesempatan.

Masih banyak yang boleh dilakukan dan dikerjakan. Masih banyak yangperlu dicaritahu dan untuk diketahui. Hanya satu yang dilarang, yaitumelanggar perintah Tuhan.

Untuk apa mengetahui pengaruh Narkoba, pergaulan bebas bila kita sudahmelihat dan mendengar dampak buruknya pada orang lain? Jauhkan diridari keinginan untuk mencoba-coba sesuatu yang jelas-jelas dilarang
meskipun kelihatannya menarik hati, seperti yang dilakukan oleh Hawa.Bila sudah banyak bukti mencelakakan orang yang melakukannya.

Isilah hidupmu dimasa remaja dan masa mudamu yang kelak bisa menjaditeladan dan cerita indah bagi generasi muda sesudahmu.

Salam Tuhan memberkati remaja dan pemuda/inya.....

Jauhkanlah dari padaku kecurangan dan kebohongan. Jangan berikan kepadaku kemiskinan atau kekayaan.Biarkanlah aku menikmati makanan yang menjadi bagianku.Supaya, kalau aku kenyang,aku tidak menyangkal-Mu dan berkata: Siapa TUHAN itu? Atau, kalau aku miskin, aku mencuri, dan mencemarkan nama Allahku.

Sumber: http://bennymanurung.blogspot.com/2010/04/menjadi-remaja-kristen-yang-berkarakter.html

Share
Sponsor a Child in Jesus Name with Compassion

Unknown

Blog ini berisi Renungan dan berbagai Artikel juga dokumentasi kegiatan
Remaja GMIM solafide Perkamil

Post A Comment:

0 comments: